Jumat, 13 Februari 2009

KEKOMPAKAN SEBUAH BAND DALAM BERMAIN MUSIK

Bagaimana membentuk kekompakan dalam bermusik?


Banyak hal yang yang harus kita pelajari tentang hal itu, tapi yang harus kita pelajari pertama adalah menilai diri kita sendiri, apa kita sudah mampu bermain musik solo? apa kita bisa memainkan satu lagu penuh dengan sendiri? atau apa kita punya scale dalam memainkan alat musik? nah, koreksi diri kita sendiri sebelum kita bermain bersama orang lain!!

Kekompakan sebuah band membutuhkan profesionalisme yang matang, di barengi dengan rasa kerja sama, saling mengerti kekurangan dan kelebihan tim, serta memperkuat persahabatan dimana seharusnya dalam satu band perlu rasa persaudaraan. Setahun, dua tahun, lima tahun bersama pasti masih ada beda pendapat, tapi... sejauh itulah kekompakan kita di uji.

Biasanya tiap personel band memiliki genre music yang berbeda-beda, nah... itu bukan persoalan serius! justru perbedaan dimana band kita bisa berkreasi lebih besar, menyatukan berbagai jenis musik adalah ide kreatif yang mahal. Tapi hasilnya musti baik, tidak asal-asalan.

Jika ingin berkembang harus banyak otak yang berfikir, menerima saran teman satu sama lain, membantah pendapat, dan tidak sekali-kali kita mencoba berfikir untuk menjadi seorang leader, karena kita semua sama, sama-sama ingin berkembang, sama-sama memiliki daya pola pikir untuk berkreatif, berkreasi membuat suatu karya yang tak bisa terlupakan, maka kita semua adalah pemimpin, memimpin panggung musik nasional atau dunia sekalipun.

So, kekompakan musti kita jaga, demi kita sendiri, teman-teman, juga orang-orang yang sudah menikmati musik kita... to be continued!!

Tidak ada komentar: